Membuat animasi pesawat terbang menggunakan Blender

Untuk membuat Pesawat Terbang pada Blender, yang pertama kita harus lakukan adalah dengan membuka aplikasi blender yang ada di PC kita, setelah kita buka maka tampilan awal yang akan muncul adalah seperti di bawah ini,

1

Tahap selanjutnya yang harus kita lakukan adalah dengan menghapus object kubus yang ada dengan menggunakan perintah delete atau dengan mengetik x .

2

Setelah kita menghapus objek kubus yang ada pada tampilan diatas, yang selanjutnya kita harus lakukan adalah dengan membuat tampilan menjadi 4 bagian yaitu dengan mengetik view, yang ada pada bagian object mode, kemudian pilih toggle quad view, maka tampilan akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

3

Hal selanjutnya yang harus kita lakukan adalah dengan memasukkan objek baru dengan memilih tollbar add , kemudian pilih mesh dan pilih objek cylinder karena kita membutuhkan objek cylinder untuk membuat pesawat ini. Setelah itu kita ubah posisi dengan menggunakan  rotate. Untuk mengedit objek cylinder ini kita harus mengubah posisi object mode menjadi edit mode dengan mengetik tombol tab pada keyboard, Kemudian kita extrude objek cylinder tersebut dengan menggunakan perintah control E  dan untuk memilih bagian yang mana yang ingin kita ekstrude kita dapat menggunakan perintah border dengan mengetik b seperti pada gambar di bawah ini

4

Setelah selesai, yang selanjutnya harus kita lakukan adalah membentuk bagian depan pesawat dengan mengekstrudenya dan menscalenya dengan menekan S untuk membuat bentuknya menjadi lancip seperti yang terlihat di bawah ini.

5

Setelah selesai kita buat bagian pilot dengan menggunakan perintah yang sama yaitu ekstrude dan scale, namun untuk bagian ini kita hanya memilih bagian tertentu dari bagian runcing yang telah di buat seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

6

Setelah selesai membuat bagian belakang pesawat yang selanjutnya harus kita lakukan adalah dengan membuat bagian belakang kapal dengan perintah yang sama dengan pembuatan bagian runcing dari bagian depan kapal yaitu dengan menggunakan perintah scale dan ekstrude yang harus kita persis seperti gambar di bawah ini.

7

Untuk membuat sayap dari kapal kita pilih bagian tertentu yang sudah diseleksi dengan menggunakan pemotongan bagian-bagian dari objek menggunakan perintah ctrl + r atau pembuatan ring yang bias digunakan untuk membagin-bagi objek menjadi beberapa bagian. Seteleh di ekstrude menjadi panjang kita skale menjadi bentuk sayap pesawat boeing dengan menggunakan scale.

8

Untuk sayap yang satu lagi kita gunakan cara yang sama untuk membuat sayap sebelumya.

9

Untuk sayap bagian belakang pesawat yang terdiri dari sayap samping kanan dan kiri dan sayap atas. Kita buat berdasarkan posisi top dan right. Kita buat sama dengan sayap depan dengan cara yang sama namun dengan ukuran yang lebih kecil sesuai dengan gambar di bawah ini.

10

Setelah selesai membuat sayap, maka jadilah pesawat terbang sederhana yang di buat dengan aplikasi bender. Berikut ini adalah gambar dari hasil pembuatan yang telah di perhalus dengan menggunakan perintah smooth.

11

About these ads

Tentang baguspermadi

i"m just ordinary boy
Sampingan | Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s