Penduduk Masyarakat dan Kebudayaan

A Pendahuluan

Pertumbuhan penduduk yang semakin cepat, mendorong pertumbuhan aspek-aspek kehidupan yang meliputi aspek sosial,ekonomi,politik,kebudayaan dan sebagainya. Dengan adanya petumbuhan aspek-aspek kehidupan tersebut,maka bertambahlah sistem mata pencaharian hidup dari homogen menjadi kompleks.

Berbeda dengan makhluk lain,manusia dapat memanfaatkan dan mengembangkan akal budinya. pemanfaatan dan pengembangan akal budi telah terungkap pada perkembangan kebudayaan, baik kebudayaan rokhaniah maupun kebudayaan kebendaan.akibat dari perkembangan kebudayaan ini, telah mengubah cara berpikir manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

B. Pertumbuhan penduduk

Pertumbuhan penduduk merupakan salah satu faktor penting dalam masalah sosial ekonomi umumnya dan masalah penduduk khususnya.karena di samping berpengaruh terhadap jumlah dan komposisi penduduk juga akan berpengaruh terhadap kondisi sosial ekonomi suatu daerah atau negara bahkan dunia.

Misal : dengan bertambahnya penduduk berarti pula harus bertambah pula persediaan bahan makanan,perumahan,kesempatan kerja,jumlah gedung sekolah dan sebagainya.

di samping itu apabia pertumbuhan penduduk tidak dapat diimbangi oleh pertambahan fasilitas, maka akan menimbulkan masalah-masalah.misalnya akan bertambah tingginya angka pengangguran, semakin meningkatnya tingkat kemiskinan, banyak anak usia sekolah yang tidak tertampung serta timbulnya berbagai kejahatan atau kriminalitas lain.

C. kebudayaan dan kepribadian

Pertumbuhan dan perkembangan kebudayaan di indonesia di mulai dengan adanya zaman batu sampai zaman logam,kebudayaan hindu,budha,islam, dan kebudayaan barat.

Berbagai antrophologi budaya menunjukkan bahwa terdapat korelasi di antara corak-corak kebudayaan dengan corak-corak kepribadian anggota-anggota masyarakat,secara garis besar. Opini umum jua menyatakan. Bahwa kebudayaan suatu bangsa adalah cermin dari kepribadian bangsa yang bersangkutan.

Setiap masyarakat mempumyai sistem nilai dan sistem kaidah sebagai konkretisasi. Nilai dan kaedah berisikan harapan-harapan masyarakat, perihal perilaku yang pantas. Suatu kaidah hukum memberikan  batas-batas pada perilaku seseorang. Batas-batas tersebut menjadi suatu “aturan permainan” dalam pergaulan hidup.

Sebaliknya segala yang berbeda dari corak kebudayaan mereka, dianggap rendah,aneh, kurang susila bertentangan dengan kodrat alam dsb.

Ciri khas kepribadian suatu bangsa dalam bentuk laindapat diamati dalam macam ragam karya budayanya. Misalnya dari karya-karya budaya\karya seni tari, seni pahat/seni ukir, seni sastra, seni bangunan, atau dalam berbagai bentuk ragam pakaian adat.indonesia memilikikebhinekaan dalam hal, bahasa, adat istiadat, berbagai ragam karya budaya dari  kebhinekaan suku-suku bangsanya. Tegasnya corak-corak kebudayaan dari berbagai suku bangsa republik indonesia, memberikan corak-corak kepribadian bangsa indonesia.

Kepribadian indonesia yang rama tamah, suka menolong, memiliki sifat kegotong royongan adalah ciri umum dari sekian banyak kepribadian suku-suku bangsa yag berada di republk indonesia, dan terpatri menjadi ciri khas kepribadian bangsa indonesia.

Tentang baguspermadi

i"m just ordinary boy
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s