PENGEMBANGAN HSDPA DALAM SISTEM GLOBALISASI (WIRELESS NETWORKING)

Dalam era globalisasi ini kita sudah sering mendengar teknologi wireless ato tanpa kabel yang sering disebut nirkabel. Pengembangan sistem wireless yang terus dilakukan membuat teknologi ini semakin canggih dan semakin effisien untuk di gunakan di bagian jaringan atau wireless networking.

Perkembangan jaringan dan Internet yang spektakuler memberikan dampak yang sangat besar terhadap perusahaan dalam berbagai jenis dan ukuran. Teknologi wireless yang baru semakin memudahkan perkembangan kemampuan jaringan, Internet, dan intranet bagi para pekerja mobile, lokasi-lokasi terpencil dan berbagai fasilitas temporer. Wireless Networking semakin memperluas jangkauan dan kemampuan jaringan komputer. Teknologi-teknologi baru menjadikan wireless networking sebagai suatu cara yang memungkinkan pelayanan akses berkecepatan tinggi dan handal bagi jaringanjaringan komputer dan Internet.

Salah satu dari teknologi baru wireless networking adalah HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access). HSDPA merupakan evolusi dari standar WCDMA dan dirancang untuk meningkatkan kecepatan transfer data 5x lebih tinggi. HSDPA memdefinisikan sebuah saluran WCDMA yang baru, yaitu high-speed downlink shared channel (HS-DSCH) yang cara operasinya berbeda dengan saluran WCDMA yang ada sekarang. meskipun teknologi mengakses internet seperti GPRS,EDGE dan WCDMA masih banyak di pakai di berbagai macam gadget di masa sekarang.

Dalam era globalisasi seperti saat ini HSDPA banyak digunakan di smartphone modem wireless yang menggunakan teknologi SIM card GSM atau CDMA, modem USB HSDPA dapat dipakai untuk mendapatkan koneksi internet pada komputer rumah dimana terdapat sinyal kuat dari HSDPA. Hal ini akan menggantikan kebutuhan pengguna akan koneksi fixed line. teknologi HSDPA sangat membantu karena HSDPA mempunyai keunggulan seperti dapat digunakan untuk banyak user secara bersama-sama, High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) adalah sebuah jaringan yang diperuntukkan bagi telepon seluler yang populer dengan nama teknologi 3,5G. Teknologi ini menyediakan kemampuan mengunduh yang cepat dan merupakan sambungan dari asynchronous digital subcriber line (ADSL) yang digunakan pada sambungan layanan internet untuk daerah perumahan dan mencegah melambatnya koneksi pada telepon seluler. Frekuensi yang dipakai oleh teknologi ini sudah dapat dimaksimalisasikan secara efisien dengan pemakaian bandwith (lebar pita) yang tepat dan Mengurangi tertundanya pengunduhan atau download data (delay),

Kelebihan lain dari HSDPA dalam hal pengunduhan data antara lain seperti Di lingkungan perumahan teknologi ini dapat melakukan unduh data hingga berkecepatan 3,7 Mbps. Dalam keadaan bergerak seseorang yang sedang berkendaraan di jalan tol berkecepatan 100 km/jam dapat mengakses internet berkecepatan 1,2 Mbps. Di lingkungan perkantoran yang padat pengguna dapat menikmati streaming video dengan perkiraan kecepatan 30. Oleh karena itu teknologi ini mempunyai peran yang sangat besar dalam perkembangan globalisasi di bidang wireless networking.

Namun dikarenakan HSDPA masih memiliki kekurangan seperti Kecepatan maksimum 14,4 Mbps dalam jarak kurang dari 1 km dari base station. Apabila sudah mencapai jarak lebih dari sama dengan 6 km, aliran data akan menurun kepada kecepatan 1 Mbps, Harga yang cukup mahal bila dibandingkan dengan jaringan seperti WiMAX. Maka di luncurkan teknologi baru seperti 4G.

references

http://cheppyandriana.blogspot.com/2010/06/wireless-networking.html

http://id.wikipedia.org/wiki/High-Speed_Downlink_Packet_Access

 

Tentang baguspermadi

i"m just ordinary boy
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s