GANGGUAN YANG SERING DIALAMI SINYAL 3G(WIRELESS NETWORKING)

Seperti yang kita ketahui Teknologi Networking suduh berkembang dengan pesat, seperti handphone yang sudah dilengkapi  dengan sinyal sekelas 2G atau GPRS, 2.5G atau EDGE, 3G dan 4G. Kita juga sering menemukan teknologi tersebut dalam MODEM eksternal yang menggunakan SIM card  GSM maupun CDMA. Setiap jaringan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri  dalam setiap bidang maupun tempat kita menggunakan sinyal tersebut.

Salah satu jaringan yang akan di bahas kali ini adalah sinyal 3G yang sangat sering kita temui pada MODEM dan Smartphone yang menggunakan  SIM card GSM maupun CDMA. 3G  (dari bahasa Inggris third-generation technology) merupakan sebuah standar yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU) yang diadopsi dari IMT-2000untuk diaplikasikan pada jaringan telepon selular. Melalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet dengan bandwidth sampai 384 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki. Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G yang tentunya mampu memberikan fasilitas yang beragam pada pengguna seperti menonton video secara langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video. 3G mengalahkan semua pendahulunya, baik GSM maupun GPRS.

Namun sinyal 3G memiliki beberapa kekurangan dan gangguan yang sering dialami, seperti  pada smartphone. Sinyal 3G sangat membutuhkan handset 3G yang compatible dan kita perlu menginstal peralatan yang dapat mendukung kinerja 3G.  Sinyal 3G juga sering kehilangan koneksinya ke jaringan internet karena lemahnya baterai. karena Sinyal 3G sangat menguras energi baterai . sinyal 3G juga sering mengalami gangguan koneksi apabila kita menggunakan provider GSM ataupun CDMA yang kurang kuat dalam menangkap sinyal 3G dari smartphone atau MODEM yang kita gunakan.

Karena itulah terkadang sinyal yang di bawah 3G lebih jarang mengalami gangguan koneksi karena tidak membutuhkan sumber energi yang banyak dan aplikasi atau peralatan yang di tuntut lebih compatible dengan gadget yang kita miliki. Dan apabila gadget yang anda gunakan bisa diubah sistem sinyalnya menjadi 2G atau GPRS, maka hal tersebut dapat membantu masalah yang sering muncul pada sinyal 3G.

 

References

http://peterlim7.wordpress.com/2010/08/11/3g-keuntungan-dan-kerugian/

http://id.wikipedia.org/wiki/3G

 

Tentang baguspermadi

i"m just ordinary boy
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke GANGGUAN YANG SERING DIALAMI SINYAL 3G(WIRELESS NETWORKING)

  1. Paidin, S.Ag berkata:

    saya belum paham tentang memperkuat sinyal wireles network dan alat nya. terimkasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s