CARA KERJA VIRUS SAAT MENGAKSES INTERNET.(NETWORK SECURITY)

Virus memiliki berbagai macam jenis dengan metode infeksi yang berbeda. Jenis-jenis virus itu adalah:
1. Virus boot sector
Virus ini menginfeksi boot sector harddisk (boot sector merupakan sebuah daerah dalam harddisk yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan). Jika virus boot sector ini aktif, pengguna tidak akan bisa memboot komputernya secara normal.
2. Virus file
Virus jenis ini akan menginfeksi aplikasi, atau file dalam komputer. Saat aplikasi tersebut dijalankan, virus akan disebarkan dengan cara menginfeksi setiap file atau dokumen yang diakses oleh aplikasi tersebut.
3. Virus e-mail
Virus ini menyebar via e-mail (dalam bentuk lampiran). Biasanya memiliki ciri khusus berupa ekstensi .scr, .exe, .pif, atau .bat. Jika aktif, virus ini biasanya akan mengirim dirinya sendiri ke berbagai alamat e-mail yang ada dalam buku alamat pengguna. Worm dan kudat Troya juga sering disebarkan via e-mail semacam ini.
4. Virus makro
Virus ini menginfeksi dokumen yang dijalankan lewat aplikasi Microsoft Office (seperti Word dan Excel). Sebuah dokumen yang terinfeksi virus ini biasanya akan melakukan modifikasi perintah-perintah umum (seperti Save) untuk memicu aktivasi virus.
5. Virus multipartie
Virus ini akan menginfeksi file-file komputer dan boot sector harddisk sekaligus. Virus ini banyak menimbulkan masalah karena menimbulkan kerusakan ganda.
6. Virus polimorfis
Virus ini akan “berganti wujud” saat menyebarkan diri ke komputer lain. Virus jenis ini lebih sulit dideteksi karena sifatnya tersebut.
7. Virus siluman (stealth virus)
Virus jenis ini menyembunyikan keberadaannya dengan cara membuat sebuah file yang terinfeksi terlihat seolah-olah baik-baik saja. Virus jenis ini juga agak sulit dideteksi.

Dari banyaknya jenis virus di atas, yang sering menyering saat kita mengakses internet adalah no.3 yaitu virus e-mail. Sebagian besar penyebab penyebaran virus saat ini adalah attacment email yang telah terinfeksi. Kemudahan pengguna untuk mendownload attachment email tersebut dan mengeksekusinya. Hal ini dikarenakan sering kali isi email yang bersangkutan bersifat ‘mengundang’, misalnya saja untuk kasus worn IloveYou yang menyebar dengan nama file LOVE-LETTER-FOR-YOU.TXT.vbs disertai dengan pesan yang berbunyi: “kindly check the attached LOVELETTER coming from me”.Selain melalui email, worm juga dapat menyebar melalui newsgroup posting. Jaringan komputer dewasa ini lebih terhubung satu sama lain dibandingkan waktu-waktu sebelumnya. Peningkatan jumlah hubungan dalam sistem komunikasi memungkinkan worms untuk dapat menyebar dengan sangat cepat dan bahkan menyerang target dengan jumlah yang sangat besar. Pada awalnya kecepatan penyebaran berbagai jenis virus komputer cenderung lebih lambat, karena lebih bergantung pada perilaku pengguna (kecepatan pertukaran data yang dilakukan pengguna baik melalui email, file server, floppy disk, dll). Perilaku pengguna ini dapat menyebabkan penyebaran virus komputer menjadi tidak praktis bahkan terbatas. Oleh karena itu kita harus menggunakan antivirus untuk mengatasinya.

 

 

 

References

http://djdhanyjaelani.wordpress.com/about/cara-kerja-virus/

http://budi.insan.co.id/courses/ec5010/projects/leo-report.pdf

 

 

 

Tentang baguspermadi

i"m just ordinary boy
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s