Menelaah lebih jauh beberapa social network yang booming di indonesia

Seperti yang kita tahu, perkembangan social network di indonesia sangatlah besar.mulai dari facebook, twitter maupun myspace. Selain sebagai tempat mencari  teman dan juga bersosialisasi, orang – orang yang sudah memiliki akun di social network juga dapat mengekspresikan diri dengan berbagi banyak foto dan video juga kita dapat memperbaharui status hubungan maupun keadaan sehari-hari.

Dari banyaknya kesamaan  beberapa social network yang ada di dunia maya, kita juga dapat mengetahui beberapa perbedaan dan ciri masing-masing social network tersebut. Sebagai contoh yang sangat mudah adalah facebook dan twitter. Seperti yang kita tahu, facebook dan twitter adalah jejaring social yang sangat populer di banyak negara salah satunnya adalah indonesia. Setelah meredupnya jejaring social  seperti friendster.  Perbedaan antara twitter dan facebook terletak pada kompleksitas dan simplisitas. Layanan Facebook bisa dibilang sangat komplit. Semua ada di Facebook mulai dari update status, berbagi link, berbagi gambar, berbagi video, berkirim pesan, blogging (note), chatting dan juga game. Tidak hanya fitur itu yang di sajikan oleh Facebook , Facebook juga menyediakan fitur undangan (invitation), cause, quiz, grup, dan sebagainya.

               Sebaliknya, Twitter justru menyediakan fitur yang sangat simple. Bisa dibilang, Twitter hanya digunakan untuk sekadar update status, tetapi sekarang mulai ditambahi beberapa fitur pendukung. Yang kita ketahui dari twitter adalah status yang kita tulis  dibatasi hanya sampai 140 karakter saja, maka dari ituTwitter dikategorikan dalam microblogging. Namun, proses tampilnya status pada Twitter lebih kilat alias lebih cepat  dibandingkan Facebook. Dan ternyata, justru karena kesederhanaannya ini, Twitter seringkali lebih digemari daripada Facebook. Karena user di tuntut untuk lebih bebas  membuat status dan membuat komentar bercabang dengan banyaknya aplikasi pendukung twitter yang muncul salah satunya adalah tweetree.

Pada layanan invite dan daftar pertemanan teman Twitter yang membedakan dengan facebook adalah fitur following dan follower. Following artinya teman-teman yang kita ikuti, sedangkan follower artinya teman-teman yang mengikuti kita. Sementara di Facebook, semua teman kita punya sebutan yang sama ’friend’. Sedangkan jika kita ingin menginvite teman hanya dengan menu kirim permintaan dan butuh persetujuan jika kita ingin berteman dengan seseorang, sangat berbeda dengan twitter yang tidak membutuhkan penerimaan pertemanan dan kita hanya butuh memfollow mereka. Tapi karena mudahnya twitter untuk mengekspresikan status. Terkadang twitter menjadi tempat langganan orang- orang membuat status kontroversial yang membuat banyak pengguna twitter saling berselisih bahkan sampai menyebabkan perselisihan berat. Meskipun terkadang facebook tidak jauh berbeda dengan twitter.tetapi soal keamanan facebook lebih baik daripada twitter.

Contoh lain yang kita ketahui sangat berbeda dari facebook dan twitter adalah myspace.jika facebook dan twitter lebih mencondong ke jejaring social, myspace lebih mirip dengan website karena fitur-fitur yang di sediakan. Myspace dalam mengatur identitas asli mereka tidak memerlukan persyaratan seperti facebook, my space juga dapat mendekorasi profil menggunakan HTML dan CSS, beda dengan facebook yang hanya mengizinkan teks mentah saja.

Jika facebook dan twitter di lengkapi dengan platform, berbeda dengan myspace yang tidak memakai platform. Kelebihan dari myspace yang dapat di manfaatkan oleh banyak orang adalah,jumlah teman yang bisa di miliki tidak terbatas dan skala dari jejaring social ini sangatlah universal dan luas sehingga kita dapat dengan mudah mempunyai banyak teman dari berbagai negara. Yang sangat mengasyikkan dari myspace adalah kita dapat dengan mudah membuat playlist musik yang kita suka dan menyimpannya di halaman profil, Menyediakan fasilitas halaman khusus yang disebut ‘Myspace Music’ buat para musisi atau group band yang ingin mempromosikan diri dan karyanya, Bisa setting pribadi untuk foto-foto yang kita pasang sebagai foto profil, Memiliki kolom khusus untuk komentar sehingga tak bercampur dengan menu lainnya sehingga sangat berbeda dengan facebook dan twitter.

Di balik banyaknya keseruan dalam myspace, banyak juga kelemahan yang bisa didapatkan user seperti Membatasi usia user minimal 18 tahun, yang tidak berlaku dalam jejaring social facebook dan twitter. Di dalam myspace juga tidak terdapat sistem ‘wall to wall’ yang bisa digunakan untuk saling komentar antar dua pihak yang sebaliknya disediakan di facebook dan twitter dan hal terakhir yang mengurangi kesukaan user pada myspace adalah. Tak ada sistem ‘tag’ dan ‘share’ dalam blog atau catatan yang di sediakan di facebook.

Dengan mengetahui perbedaan dari ketiga jejaring social tersebut kita dapat mengetahui bahwa setiap social network memiliki kekurangan dan kelebihan yang tiap jejaring social lain bisa melengkapinya. dan dengan banyaknya jejaring social yang ada, user-user yang ada di dunia juga dapat dengan bebas berekspresi meskipun terdapat banyak jejaring social yang mereka miliki.

 

 

 

References

http://remajaislam.com/dunia-muda/iptek/34-perbedaan-facebook-dan-twitter.html

http://roseelfanny.blogspot.com/2011/10/perbedaan-myspace-dan-facebook.html

Tentang baguspermadi

i"m just ordinary boy
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s