Unsur-Unsur dalam Game

Game, seperti yang kita ketahui adalah sebuah permainan dimana terdapat sebuah aturan dan adanya menang dan kalah, biasanya game merupakan hal yang membuat manusia senang. Sama dengan Video Game, video game adalah permainan yang menggunakan interaksi dengan antarmuka pengguna melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.

Kita semua sudah tahu akan pengertian itu, walaupun tidak dapat dijelaskan oleh kata-kata, akan tetapi apakah kita tahu tentang unsur-unsur dalam membuat game itu sendiri? beberapa ada yang tidak tahu. unsur itu adalah :

  1. Story Line
  2. Game Play
  3. Character
  4. Graphic
  5. Typewriter
  6. Programmer
  7. Coordinator

Story Line

Story line adalah Jalan cerita dari sebuah game yang sangat berperan penting dalam pembuatan Video Game. Story Line yang bagus menurut kebanyakan orang membuat game tersebut akan terkenal dan akan membuat gamer menjadi ingin lebih tahu tentang cerita itu.

Seperti dalam Game Final Fantasy, game ini memberikan alur cerita yang sangat bagus dimana membuat orang berfantasy dengan dunia khayalnya. salah satunya adalah Final Fantasy 7 yang sangat terkenal diseluruh dunia karena Story Line nya. di Final Fantasy 7 ini kita akan bermain sebagai Cloud Strife yang bergabung dengan organisasi anti-Shinra yakni AVALANCHE dimana organisasi ini sedang akan menyerang salah satu dari reaktor Mako yang mengelilingi kota Midgar. Singkat Cerita, Saat mereka akan melarikan diri dari markas Shinra, mereka menemukan para pekerja, termasuk Presiden Shinra, dibantai. Cloud melihat luka yang terdapat pada Presiden Shinra dan mengetahui bahwa pembantainya adalah SOLDIER bernama Sephiroth yang diduga hidup kembali.  Tidak lama setelah itu akhirnya rencana Sephiroth terbuka, rencananya adalah menggunakan “Meteor” untuk melukai planet ini separah mungkin, sehingga Lifestream yang berada dalamnya akan berkumpul pada luka tersebut untuk menyembuhkan luka itu. Sebelum Lifestream berkumpul Sephiroth berencana untuk masuk pada retakan-retakan luka tersebut, Sephiroth berencana untuk bergabung dengan seluruh energi di planet yang membuatnya mendapatkan kekuatan dewa. Bagaimanakah anggota AVALANCHE akan menghentikan sephiroth?

 

Gameplay

Gameplay adalah cara sebuah gamer untuk berinteraksi dengan game tertentu. Gameplay dalam Video Game sangatlah berpengaruh dalam Pembuatan Game. semakin Game tersebut mudah untuk dimainkan maka semakin banyak yang menyukainya walaupun kadang kala ada beberapa game yang dmana Gameplay nya tidak mudah akan tetapi karena penjelasan tutorial yang mudah dimengerti maka game tersebut juga dapat banyak peminatnya. contoh dari Gameplay adalah :

Call of Duty Modern Warfare 3, Infinity Ward pada Modern Warfare 3 akan menampilkan Survival mode. Mode baru yang bernama Survival akan menampilkan dua pemain Bertempur sedangkan Semakin Lama Musuh Semakin Sulit Dilawan. Tidak seperti video game lain di mana musuh-musuh menetap di lokasi tetap, musuh di mode ini akan menelurkan sekitar pemain sehingga mereka bisa mendekati pemain dari lokasi taktis menguntungkan. Sebagai pemain melawan musuh, mereka akan mendapatkan uang. Lebih banyak uang diperoleh untuk mencetak headshots, memiliki akurasi tinggi dan mengambil lebih sedikit kerusakan secara keseluruhan. Untuk saling membunuh, mereka dapat menggunakan uang mereka untuk membeli barang-barang seperti senjata baru, upgrade dan amunisi.

 

Final Fantasy XIII, Seperti dalam Final Fantasy XII, musuh muncul di lapangan terbuka dan dapat didekati atau dihindari oleh pemain. Ketika karakter pemain menyentuh musuh, layar berubah dari peta biasa ke layar pertempuran yang terpisah, maksimal tiga karakter dapat digunakan dalam pertempuran, yang menggunakan sistem pertarungan tradisi Final Fantasy; sistem ‘Pertempuran Aktif’ (ATB: Active Time Battle ). Sistem yang dirancang oleh Hiroyuki Ito dan pertama kali ditampilkan dalam Final Fantasy IV. Di bawah sistem ini, pemain memilih tindakan dari menu, seperti Attack, Magic, dan Item. Tidak seperti seri Final Fantasy sebelumnya, pemain hanya dapat mengontrol salah satu tokoh yang dapat dipilih, sedangkan sisa dua karakter lainnya dikendalikan oleh komputer (AI). Setiap tindakan memerlukan sejumlah tertentu dari slot pada bar ATB, yang terus-menerus diisi ulang ke jumlah maksimum set slot. Bar ATB berangsur-angsur meningkat ukurannya sepanjang permainan, dari dua slot menjadi enam. Pemain dapat memilih kurang dari jumlah maksimum tindakan yang mungkin atau mungkin menghentikan pengisian bar ATB dan tampil sebagai tindakan sebanyak dapat dilakukan dengan dengan jumlah ATB saat ini. Pemain juga dapat memilih perintah autobattle, yang mengisi slot ATB dengan tindakan yang dipilih secara otomatis.

 

Character

Karakter dalam Video Game merupakan salah satu yang berpengaruh dalam Pembuatan Game, karena Jika pembuatan Karakter yang bagus dan imaginatif serta memiliki sifat yang pas dengan Story Line nya maka Game itu akan terasa lebih hidup dan membuat Gamer menyukai karakter tersebut. Dalam Pembuatan Karakter yang paling penting adalah Tokoh Utamanya.

Graphic

Banyak game yang sangat menonjolkan Grafis yang sangat Detail, ini dikarenakan semakin Grafis dalam game tersebut bagus maka semakin pula Game tersebut terlihat sangat mengagumkan bagi para Gamer. Game dengan Grafis yang terbaik biasanya di seimbang kan dengan tipe game tersebut, misalnya Final Fantasy XIII dengan God of War III, Grafis dalam Final Fantasy tidak sebagus God of War ini dikarenakan Gameplay yang sangat berbeda. jika dibandingkan maka Final Fantasy mempunyai Gameplay yang jauh lebih rumit dibandingkan GoW dan final fantasy memberikan keleluasaan pada gamer untuk mengeksplorasi tiap-tiap map akan tetapi pada GoW gamer hanya seperti diberikan satu jalan saja, sehingga memungkinkan untuk menambahkan Grafis yang sangat Bagus. dibawah ini adalah contoh Grafis God of War III :

 

Typewriter

Dalam proses pembuatan Game, Typewriter yang merupakan penulisan kata-kata dalam game juga termasuk dalam salah satu peran dalam Game yang tidak dapat terelakkan. Typewriter ini memberikan kesan rapih dan lebih interaktif dalam memainkan game, karena dalam tata letak, bentuk dan animasi tulisan dapat membuat gamer lebih gampang untuk mengetahui alur cerita dan lebih menyenangkan untuk dilihat.

 

Programmer

Programmer adalah orang yang membuat program untuk kebutuhan tertentu. Dalam pembuatan Game, Programmer bertanggung jawab melakukan pemrograman dan optimalisasi penyandian untuk menciptakan port permainan dalam skala besar. Programmer sangatlah penting dalam pembuatan Game karena, dengan ada nya Programmer maka muncullah Video Game dengan banyak fitur-fitur menarik didalamnya. Tidak hanya itu, dalam pembuatan Gameplay sebuah Game, disini Programmer sangatlah berguna untuk membuat koneksi antara User dengan Game yang dimainkan.

Coordinator

Koordinator, dalam industri game adalah Orang yang mengawasi kerja pembuatan game dan juga yang mencoba game tersebut sebelum di pasarkan sehingga jika terjadi kesalahan dalam pembuatan maka koordinator dapat memberitahukan kesalahan yang terjadi dalam game tersebut dan diharapkan dapat memberikan solusi untuk permasalahannya.

apakah yang membuat game berhasil??

dan apakah yang harus ditonjolkan dari pembuatan sebuah game agar berhasil??

Pada dasarnya yang membuat game berhasil adalah kelima komponen yang saya sebutkan sebelumnya yaitu

1. Koordinator

2. Programmer

3. Type Writer (Dialog)

4. Character

5. Storyline

pada kenyataannya tidak selamanya semua ini menjamin game tersebut berhasil (laku dipasaran). Karena ternyata ada beberapa game dapat berhasil walau semua komponen tersebut tidak bagus atau tidak lengkap. Misalkan

 game angry bird, game ini adalah game yang memiliki storyline yang tidak begitu menarik (telor-telor burung dicuri babi dan para burung marah) namun dapat berhasil di pasaran karena game ini memiliki character yang menarik (lucu dan unik) sehingga dapat menarik antusias dari pemain untuk menyelesaikan game tersebut.

 Ataupun Call Of Duty: Modern Warfare 3 game ini memiliki story line yang cukup menarik para pemainnya

 

game ini merupakan seri terakhir dari kisah sukses sebelumnya yakni MW1 & MW2, game ini menceritakan tentang militer Rusia yang serangan ke amerika serikat karena pengaruh seorang teroris handal yakni “makarov”. Dalam game yang bergenre FPS ini anda akan memainkan beberapa character seperti Yuri (bekas teman makarov yang bergabung dengan pasukan elit AS). Dengan alur cerita yang begitu dalam serta grafis yang lumayan memukau, game ini merupakan game wajib bagi para gamers di tahun 2011. Sayang dengan engine game yang masih lama, grafis game ini terasa hambar bagi PC/laptop dengan spesifikasi “Dewa”.

Jadi dari contoh contoh game tadi maka dapat dikatakan bahwa jika komponen tersebut tidak lengkap belum tentu game tersebut tidak laku. Karena semua itu tergantung kepada masyarakat apakan masyarakat dapat menerima game tersebut dengan baik atau tidak. karena yang membuat game berhasil adalah banyaknya pemain yang memainkan game tersebut

 

Referensi:

http://tugasvirtualclass.wordpress.com/2012/04/11/unsur-unsur-dalam-game/

http://gamesblognew.blogspot.com/2013/03/kesimpulan-unsur-unsur-game.html

 

 

Tentang baguspermadi

i"m just ordinary boy
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s