cara menggunakan suara pada ogre

Untuk menambahkan suara dengan irrKlang, yang kita butuhkan adalah file header(include), library, dan linker dari irrKlang.
Format audio yang bias dipakai adalah Sebagai Berikut

  1. WAV
  2. MP3
  3. FLAC
  4. OGG

Pertama silahkan Download Terlbih Dahulu Tambahan Tools IrrKlang nya .

http://valkriye.wordpress.com/2012/04/23/menggunakan-efek-suara-pada-ogre/

Setelah Anda Download Silahkan Anda Extract

Kita Akan Menggunakan beberapa file saja di antaranya adalah

  1. File ikpFlac.dll, ikpMP3.dll, dan irrKlang.dll yang ada di \bin\win32-gcc

    2. Lalu Masuk Ke Dalam Folder include lalu Pilih Semua file (_.h)

    3. Library libirrKlang.def dan libirrKlang.a yang ada di \lib\win32-gcc

Nah Setelah Anda Tau Semua File Yang kita akan Butuhkan sekarang tibalah waktunya untuk Kita Memproses semua File yang tambahan Yang tadi kita telah lihat .

  • File ikpFlac.dll, ikpMP3.dll, dan irrKlang.dll =>folder debug project kita dan folder debug yang ada pada X://OgreSDK di tempat kita instal ogreSDKnya.
  • File header ==> folder include di X://OgreSDK, X itu drive tempat kita install OgreSDKnya. Kalau simpan di C berarti C://OgreSDK.
  • File library ==> folder lib di X://OgreSDK

Copy Semua File Yang Kita Butuhkan Tadi lalu Masukan Ke Masing-masing Destiny folder

Tibalah Waktunya Untuk Coding nya , Berikan lah Coding Di bawah ini dalam Eclipse di bagian header

#include “irrKlang.h”
using namespace irrklang;

Selanjutnya Kita Akan membuat objek suaranya..tambahkan kode berikut di fungsi createScene().

irrklang::ISoundEngine *mSoundEngine = irrklang::createIrrKlangDevice();
        mSoundEngine->play2D(“helloworld.mp3”,true);

Penjelasannya sebagai berikut:

  • Kita membuat engine untuk suara dengan nama mSoundEngine.
  • mSoundEngine akan memainkan audio 2dimensi dengan nama file audio “IkenaiTaiyou.mp3” dan diaktifkan dengan member nilai true.
  • Pada contoh di atas, lokasi IkenaiTaiyou.mp3 ada di folder debug. Lokasi bisa diganti misal jadi “C:/OgreSDK/media/O2.mp3 Contoh di atas buat suara yang terus di looping selama Ogrenya masih jalan. Jadi bias dipake buat suara latar, misal buat suara ombak di pinggir pantai.
  • Sekedar saran, sebaiknya kode program di atas diletakkan di bagian akhir fungsi createScene(maksudnya di bawah tapi masih dalam createScene). Soalnya, jika diletakkan di atas, suaranya akan  dijalankan lebih dulu sebelum render mesh & dll  Jadi waktu layar masih Gelap  Menunggu Rander Tampil maka suara akan Keluar terlebih dahulu.

Kode yang digunakan untuk menambahkan audio cukup segitu aja, tapi begitu di build akan terjadi  error karena sewaktu dibuild engine tidak menemukan driver untuk memainkan audio. Disini kita harus melakukan langkah yang sangat penting yaitu menambahkan linker driver irrKlang.dll pada bagian properties objek yang berada di eclipse, dengan mengklik kanan pada bagian objek, kemudian pilih properties. masuk kebagian C++/C build tepatnya di bagian setting. pilih bagian libraries pada minGW c++ linker. tambahkan irrKlang pada bagian debug di kotak libraries (-l).

 

references

http://valkriye.wordpress.com/2012/04/23/menggunakan-efek-suara-pada-ogre/

Tentang baguspermadi

i"m just ordinary boy
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s